August 27, 2021

Capai Vaksinasi Seluruh Karyawan, Sampoerna Rayakan HUT Ke-108 Secara Online

Sampoerna vaksinasi 65.000 karyawan langsung dan tidak langsung bertepatan dengan HUT ke-108

Jakarta, 27 Agustus 2021 – PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) merayakan ulang tahun perusahaan ke-108 secara virtual. Peringatan ulang tahun ke-108 ini merupakan perayaan kedua di tengah pandemi, dan dimaknai dengan tema “Satukan Langkah – Bersama Kita Bisa”, sebuah seruan untuk bahu-membahu dan saling mendukung untuk bersama-sama melalui pandemi COVID-19.

Dalam perayaan ini, Sampoerna turut merayakan pencapaian komitmen vaksinasi perusahaan, di mana Sampoerna sebelumnya berkomitmen memvaksinasi penuh seluruh karyawan langsung dan tidak langsung perusahaan, berjumlah sekitar 65.000 orang. Per 27 Agustus 2021, Sampoerna telah berhasil memberikan setidaknya dosis pertama vaksin bagi seluruh karyawan yang memenuhi syarat vaksinasi. 

Presiden Direktur Sampoerna, Mindaugas Trumpaitis, mengatakan, “Tercapainya target vaksinasi ini merupakan sebuah tonggak capaian besar bagi kami. Vaksinasi akan dapat memberikan perlindungan tambahan bagi seluruh karyawan kami dan di saat bersamaan kami harap dapat mendukung tercapainya target pemerintah mencapai kekebalan komunal (herd immunity).”

Sampoerna bersinergi dengan Pemerintah Indonesia dan para pemangku kepentingan terkait lainnya untuk menjalankan vaksinasi, utamanya dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) dalam pelaksanaan program Vaksinasi Gotong Royong (VGR), yaitu program vaksinasi independen bagi karyawan dimana biaya vaksinasi ditanggung oleh perusahaan. 

“Mayoritas karyawan kami menerima vaksinasi melalui VGR, namun di luar itu, kami juga mendorong mereka untuk mendapatkan vaksinasi sesegera mungkin melalui program yang disediakan oleh Pemerintah ataupun jalur lainnya. Di saat yang bersamaan, kami senantiasa melakukan edukasi vaksinasi guna meyakinkan karyawan untuk ikut vaksinasi,” tambah Mindaugas.

Selain edukasi, Sampoerna juga menyediakan insentif untuk mendorong karyawan untuk ikut divaksinasi, antara lain berupa 108 hadiah menarik berupa motor, sepeda, dan TV LED yang diundi pada kegiatan perayaan HUT, yang terbuka bagi seluruh karyawan Sampoerna yang telah menerima setidaknya satu dosis vaksin.

Melalui platform daring, Sampoerna juga melancarkan serangkaian kegiatan virtual di bawah payung “Satukan Langkah – Bersama Kita Bisa”. Lebih dari sekadar aktivitas pelibatan karyawan, rangkaian kegiatan ini dilandaskan semangat kebersamaan untuk saling menyemangati dan saling membantu di tengah kondisi pandemi.

Perayaan HUT ke-108 ini juga turut diwarnai dengan penyaluran dukungan dari Sampoerna bagi karyawan dan masyarakat melalui donasi sebesar Rp10.800,- per karyawan yang telah divaksinasi. Tidak hanya itu, Sampoerna turut mendonasikan Rp10.800,- untuk tiap unggahan dalam platform media sosial internal dengan tagar #SatukanLangkah. Dana yang terkumpul kemudian akan disalurkan sebagai bantuan bagi karyawan dan mitra usaha yang tengah dalam masa pemulihan dari Covid-19, serta kepada para tenaga kesehatan dan pemulasara jenazah.

Lebih lanjut, melalui komunitas sukarelawan karyawan, Sampoerna Volunteers Club (SVC), bersama dengan Palang Merah Indonesia sejak Juli lalu, Sampoerna juga memfasilitasi ratusan karyawan penyintas Covid-19 yang ingin menjadi donor plasma konvalesen dan membantu pasien lainnya.

Komitmen dukung Pemulihan Ekonomi Nasional

Menyadari berbagai tantangan akibat pandemi, Sampoerna melakukan berbagai adaptasi kegiatan usaha, memperluas perlindungan bagi para karyawan dan mitra usaha, dan juga mendukung Pemerintah dan masyarakat luas dalam penanganan pandemi.

Sepanjang tahun 2020, Sampoerna telah menyalurkan bantuan senilai sekitar Rp 80 miliar bersama dengan para mitra CSR dan bersinergi dengan pemerintah daerah serta pemangku kepentingan lainnya. Termasuk diantaranya melalui mendukung kampanye Gerakan Pakai Masker di berbagai kota, donasi alat kesehatan dan ribuan alat pelindung diri (APD), serta dukungan untuk UMKM beradaptasi di tengah pandemi. Hal ini dilanjutkan di tahun 2021, dimana sejauh ini Sampoerna menyalurkan lebih dari Rp 18 miliar dalam inisiatif untuk mendukung pemulihan UMKM maupun penanganan pandemi melalui kemitraan dengan berbagai pihak, termasuk KADIN.

Melalui Sampoerna Retail Community (SRC), Sampoerna mendukung 150.000 toko kelontong binaan untuk menerapkan protokol kesehatan pada toko, memberikan bantuan, dan juga mempercepat laju digitalisasi melalui aplikasi AYO SRC. Aplikasi yang dibuat sejak 2018 tersebut mempermudah mitra SRC mengelola toko, bertransaksi digital dengan konsumen dan pemasok, serta mengakses fitur bermanfaat lainnya.
Pusat pelatihan UMKM Sampoerna yang didirikan sejak 2007, Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC), juga aktif mendukung para UMKM binaan dengan bertransisi ke platform daring dan menyesuaikan kurikulum ke keterampilan seperti pemasaran digital, pengelolaan akun media sosial, maupun keahlian digital lainnya. Sejak April 2020, SETC telah menjalankan lebih dari 40 program pelatihan daring bagi lebih dari 1.500 UMKM.

“Pandemi belum berakhir, dan dalam momen perayaan HUT ke-108 Sampoerna ini kami menegaskan kehadiran dan komitmen kami untuk terus berperan aktif untuk Indonesia – seperti yang telah kami lakukan selama lebih dari satu abad,” tutup Mindaugas.

---Selesai---

Tentang PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna)

Didirikan pada tahun 1913, Sampoerna – yang merupakan afiliasi dari Philip Morris International Inc. – adalah perusahaan tembakau terkemuka di Indonesia, dengan kegiatan utama berfokus pada produksi dan penjualan rokok kretek. Sampoerna memproduksi sejumlah merek rokok kretek yang terkenal seperti Sampoerna A, Raja Kretek legendaris Dji Sam Soe, Sampoerna U, dan Sampoerna Kretek. Sampoerna juga mendistribusikan merek rokok Marlboro di seluruh Indonesia melalui perjanjian distribusi jangka panjang dengan PT Philip Morris Indonesia.

Sampoerna memiliki dan mengoperasikan enam pabrik yang berlokasi di Surabaya, Pasuruan, Probolinggo, Malang, dan Karawang. Sampoerna juga bekerja sama dengan 38 Mitra Produksi Sigaret di Pulau Jawa – dengan total jumlah tenaga kerja sekitar 65.000 karyawan, yang sebagian besar bekerja di lini produksi Sigaret Kretek Tangan. Sampoerna mendistribusikan produknya melalui 112 kantor area penjualan dan distribusi di seluruh Indonesia.

Sampoerna merupakan salah satu emiten dengan kapitalisasi pasar terbesar di Bursa Efek Indonesia. Saham Sampoerna diperdagangkan dengan kode saham “HMSP”.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi: www.sampoerna.com

 
Kontak Media:
Tantri Kadiman-Beekelaar
Head of Corporate Communications
PT HM Sampoerna Tbk.
Mobile: 0812-2014-960
Email: contact@sampoerna.com

 
CORPORATE & EXTERNAL COMMUNICATIONS
share this story