September 10, 2021

Dukung Penanganan Covid-19, Sampoerna Salurkan Donasi Rp 6 Miliar melalui Yayasan Kemanusiaan KADIN

Donasi ditujukan untuk mendukung program penanggulangan, vaksinasi massal, pemenuhan kebutuhan oksigen, serta bantuan sosial

Jakarta, 10 September 2021 – Melalui payung program Sampoerna Untuk Indonesia, PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) menyalurkan bantuan senilai Rp. 6 miliar untuk mendukung upaya penanganan Covid-19 melalui Yayasan Kemanusiaan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia. Dana yang disalurkan ditujukan untuk mendukung penanganan Covid-19 dalam bentuk pelaksanaan sejumlah program, seperti vaksinasi massal, penyediaan kebutuhan oksigen, bantuan sosial, dan inisiatif lainnya.

Bantuan itu diserahkan secara simbolis kepada Ketua Umum KADIN, Arsjad Rasjid pada acara seremonial penyerahan donasi di Menara Kadin Indonesia, Jumat (10/9/2021).

Presiden Direktur Sampoerna, Mindaugas Trumpaitis, yang hadir secara virtual pada acara seremonial tersebut menyatakan bahwa Sampoerna berkomitmen untuk mendukung Pemerintah dalam memulihkan perekonomian nasional. Dukungan tersebut diwujudkan salah satunya melalui program-program KADIN yang mengoordinasikan bantuan dari pihak swasta.

“Kami sangat mengapresiasi dan turut mendukung program KADIN dalam menanggulangi Covid-19. Donasi ini merupakan kelanjutan dari kolaborasi Sampoerna dengan KADIN yang sudah berlangsung selama ini, seperti vaksinasi independen Gotong Royong hingga vaksinasi massal serta pemenuhan kebutuhan oksigen. Kami percaya bahwa dengan gotong royong dan menyatukan langkah, kita akan dapat melalui pandemi ini bersama,”
kata Mindaugas dalam sambutannya.

Ketua Umum KADIN, Arsjad Rasjid, turut menyatakan pentingnya kerja sama antar pihak dalam berkontribusi menanggulangi Covid-19. Ia menekankan bahwa upaya KADIN ditujukan untuk mendorong tercapainya kekebalan kelompok (herd immunity) guna mendukung pulihnya roda perekonomian. 

“Program-program penanganan masih terus berjalan, dibutuhkan kerja sama dari semua pihak tanpa terkecuali dari sektor swasta untuk dapat menangani pandemi ini. Segala bentuk donasi saat ini akan sangat membantu dan kami juga sangat mengapresiasi. Melalui kerja sama penyaluran bantuan dari Sampoerna ini kami harapkan dapat mempercepat penanganan Covid yang masih berlangsung” ungkap Arsjad.

Sejak awal pandemi, Sampoerna telah secara konsisten mengambil peran aktif dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional. Upaya tersebut dimulai dari penerapan protokol kesehatan secara ketat pada fasilitas produksi dan kantor Sampoerna di seluruh Indonesia, memvaksinasi sekitar 65.000 karyawan langsung dan tidak langung dengan mayoritas melalui program Vaksinasi Gotong Royong, serta inisiatif lainnya untuk mendukung UMKM sebagai tulang punggung perekonomian nasional.

“Langkah Pemerintah berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk KADIN, yang berhasil menurunkan angka kasus harian secara signifikan setelah memuncak pada bulan Juni dan Juli lalu merupakan suatu bukti nyata dari nilai kolaborasi dan sinergi yang kuat. Atas hal ini, kami menyampaikan apresiasi kami yang mendalam,” Mindaugas menambahkan.

***

Tentang Sampoerna untuk Indonesia

Sampoerna untuk Indonesia merupakan payung program keberlanjutan PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna). Untuk mendukung pemerintah mencapai visi mewujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh berdasarkan prinsip gotong royong dengan lima fokus yakni: Pengembangan UMKM, Peningkatan Kesejahteraan Petani, Pemulihan Ekonomi Nasional & Penanganan COVID-19, Mengurangi Jejak Lingkungan, serta Dukungan terhadap Revolusi Industri 4.0.

Tentang PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna)

Didirikan pada tahun 1913, Sampoerna – yang merupakan afiliasi dari Philip Morris International Inc. – adalah perusahaan tembakau terkemuka di Indonesia, dengan kegiatan utama berfokus pada produksi dan penjualan rokok kretek. Sampoerna memproduksi sejumlah merek rokok kretek yang terkenal seperti Sampoerna A, Raja Kretek legendaris Dji Sam Soe, Sampoerna U, dan Sampoerna Kretek. Sampoerna juga mendistribusikan merek rokok Marlboro di seluruh Indonesia melalui perjanjian distribusi jangka panjang dengan PT Philip Morris Indonesia.

Sampoerna memiliki dan mengoperasikan enam pabrik yang berlokasi di Surabaya, Pasuruan, Probolinggo, Malang, dan Karawang. Sampoerna juga bekerja sama dengan 38 Mitra Produksi Sigaret di Pulau Jawa – dengan total jumlah tenaga kerja sekitar 65.000 karyawan, yang sebagian besar bekerja di lini produksi Sigaret Kretek Tangan. Sampoerna mendistribusikan produknya melalui 112 kantor area penjualan dan distribusi di seluruh Indonesia.

Sampoerna merupakan salah satu emiten dengan kapitalisasi pasar terbesar di Bursa Efek Indonesia. Saham Sampoerna diperdagangkan dengan kode saham “HMSP”.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi: www.sampoerna.com

Tentang KADIN INDONESIA

Kamar Dagang dan Indonesia (KADIN) Indonesia merupakan organisasi yang menjadi payung bagi dunia usaha Indonesia. Berdiri dengan berlandaskan UU No.1 tahun 1987, KADIN Indonesia adalah satu-satunya organisasi yang mewadahi para pengusaha Indonesia dan landasan operasi kegiatan berpedoman pada Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga KADIN yang disahkan dengan KEPRES RI No. 17 tahun 2010.

KADIN Indonesia berbicara dan bertindak atas nama pengusaha Indonesia dan merupakan mitra kerja Pemerintah yang mencakup semua sektor terkait. KADIN Indonesia memiliki 34 KADIN Daerah dan 514 cabang tingkat Kabupaten di seluruh Indonesia.


Kontak Media:
Tantri Kadiman-Beekelaar
Head of Corporate Communications
PT HM Sampoerna Tbk.
Mobile: 0812-2014-960
Email: contact@sampoerna.com

CORPORATE & EXTERNAL COMMUNICATIONS
share this story